cara merawat bayi baru lahir

Cara Merawat Bayi Usia Dua Minggu

Artikel lanjutan dari –>  Cara merawat bayi usia 1 minggu

Pada minggu kedua, Anda, suami Anda masih dalam masa penyesuaian bagaimana mempelajari bayi Anda menangis, cara memberi pasokan susu yang nyaman untuk Anda dan bayi Anda, cara mempelajari jam tidur bayi Anda juga.

Dan banyak hal lainnya.

Yang harus Anda ketahui

  • Anda mulai mengikuti rutinitas tidur bayi Anda
  • Cari bantuan pada tenaga ahli jika Anda mengalami rasa sakit hingga pendarahan pada saat menyusui pada bayi Anda.
  • Anda sudah tahu pola memberikan makanan pada bayi Anda.
  • Selalu cek kesehatan dan mental Anda.

Pada minggu kedua ini Anda harus mengikuti pola tidur bayi Anda, karena jam tidurnya belum teratur seperti jam-jam yang sudah biasanya dijalani sebelumnya.

Biasanya di minggu pertama sampai dengan minggu kedua ni, masih penyesuaian jam tidur juga sih. Anda bakal rajin terbalik jam tidurnya seperti kelelawar. 😀

Tapi, jangan khawatir Anda bisa bawa hepi aja dulu karena bahaya juga jika kebawa stress nanti ASI anda malah gak keluar tambah bahaya.

Sehingga, tak hanya fisik tapi yang paling penting Anda juga tetap untuk cek mental Anda.

Karena banyaknya tekanan jiwa, seperti rengekan bayi yang sebelumnya gak ada sekarang setiap jam kehidupan Anda akan dihiasi rengekan bayi entah dia lapar, popok yang sudah penuh, dan lain-lain.

Sering-sering obrolkan keluhan Anda pada pasangan Anda misalnya agar beban jiwa Anda tidak terlalu numpuk. 🙂

Di minggu kedua ini juga Anda, rajin cek pada bagian payudara Anda khusus bagian puting karena proses belajar si kecil butuh waktu untuk menyusui. Jika terjadi sakit hingga pendarahan, segera kontak dokter kesayangan Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

Baca juga :  Cara Merawat Bayi Usia Satu Minggu

Pola memberikan makanan (menyusui) pada si kecil juga sudah Anda mulai paham, setiap 2-3 jam bayi akan menyusui ASI, jika menggunakan susu formula setiap 4-5 jam.

Pertumbuhan Bayi Anda

Badan

Pada minggu kedua ini, mereka akan lebih waspada daripada minggu sebelumnya dan dapat tetap terjaga (tidur) untuk waktu yang lebih lama.

Minggu kedua juga, Anda mulai perhatikan tanda lahir yang mungkin pada minggu pertama tidak terlihat coba di screening untuk lihat tanda lahirnya jika memang mengganggu konsultasikan dengan dokter.

Mulai adanya kenaikan berat badan yang perlu Anda cek tiap minggunya, minimal bisa Anda tracking nih si kecil bagus apa enggak pencernaannya.

Otak

Di usianya dua minggu ini si bayi harusnya sudah bisa :

  • Menangis jika si kecil sudah tidak nyaman, lapar, atau cerewet.
  • Mendengar suara yang keras.
  • Memiliki gerakan reflek mengejutkan.
  • Bisa mengangkat kepala sebentar.
  • Bisa melihat wajah Anda dari jarak dekat. Jarak pandang terbaik saat usia dua minggu adalah jarak Anda ketika menyusui.

***

Makan & Nutrisi

Pada usia dua minggu ini, setiap 2-3 jam bayi Anda harus menyusui.

Bagaimana jika si kecil masih tidur?

Yang saya lakukan adalah membangunkan si kecil ketika tidur dengan pelan-pelan karena kita agak harus ‘maksa’ untuk makan. Takutnya mereka kurang nutrisi karena jam tidurnya yang panjang.

Oh iya, ketahui juga tanda-tanda mereka merasa lapar. Biasanya mereka :

  • Menangis juga bisa tanda mereka lapar.
  • Menggerakkan tangan dan kaki. 
  • Menempatkan jarinya ke dalam mulut. 
  • Mengisap bibir atau lidah.
  • Memindahkan kepala dari sisi ke sisi lain. 
  • Gelisah, goyang-goyang karena gak nyaman.

Walaupun ada waktunya sekitar 2-3 jam tetapi waktu tersebut jangan jadi patokan juga, jika sudah ada mulai tanda-tanda dia lapar tawarkan saja bayi Anda untuk menyusui.

Baca juga :  Cara Merawat Bayi Baru Lahir Usia Tiga Minggu

Anda juga perlu makan makanan yang bergizi karena ASI yang dihasilkan tergantung dari asupan sang ibu. Sehingga, pilihlah makanan yang bergizi, nutrisi baik dan tinggi serat.

Pengalaman saya makan daun katuk bisa memperlancar ASI, cobain dengan variasi-variasi makanan dari daun katuk.

Oh iya, kalau suka pedas, coba diatur jangan kebanyakan makan pedas karena secara gak langsung mempengaruhi ke si kecil juga.

***

Kesehatan & Keamanan

Prioritas lainnya adalah masalah kesehatan dan keamanan yang terkadang diabaikan seperti :

  • Jangan tinggalkan si kecil sendiri pada saat tidur. Karena kita tidak pernah tahu si kecil kaget jadi refleks guling-guling juga bahaya kan? Sehingga, perlunya pengawasan ekstra jika Anda tinggalkan.
  • Enggak perlu segan memberlakukan aturan untuk membawa keluar ruangan dan pembatasan berkunjung tamu. Karena sistem kekebalan bayi yang masih berkembang, sehingga Anda juga perlu aturan pembatasan pada berkunjungnya tamu demi kesehatan Anda.
  • Waspadai tanda penyakit. Selalu cek setiap hari pada badan, respons bayi Anda jika ada yang tidak beres maka konsultasikan pada dokter kesayangan Anda.

Pada minggu kedua, baby blues mungkin akan berakhir tapi ini tergantung Anda bisa mengatasi stress dan emosi yang naik turun karena kehadiran si kecil.

Inilah perlunya untuk konsultasi juga ke dokter kesayangan Anda, jangan sungkan untuk selalu ngobrol dengan pasangan Anda juga.

Selain dari mewaspadai pada si kecil, Anda juga perlu mewaspadai pada fisik yang terjadi pasca lahiran setelah dua minggu ini.

Beberapa yang harus waspadai ketika sudah berusia dua minggu ini :

  • Masalah menyusui : Karena Anda harus menyuplai ASI secara kontinyu, mungkin Anda mengalami beberapa masalah dalam menyusui seperti contohnya si bayi saat menyusu salah posisinya sehingga adanya pendarahan pada puting Anda. Segeralah untuk konsultasi pada dokter laktasi kesayangan Anda.
  • Mastitis : Komplikasi yang dapat terjadi pada saat menyusui, terutama jika Anda mengalami over supply ASI. Susu ASI bisa terjadi “tersumbat” di saluran susu dan akhirnya menyebabkan infeksi yang menyakitkan yang perlu diobati dengan antibiotik. Jika Anda mengalami demam dan kelelahan luar biasa bersama dengan titik yang memerah di payudara Anda, itu mungkin merupakan saluran tersumbat atau mastitis.
  • Komplikasi pasca kelahiran : Pada minggu kedua, badan Anda setelah lahiran akan semakin membaik. Jika Anda operasi caesar, bisa Anda cek ke dokter sayatan operasinya apakah membaik atau belum. Jika normal, cek juga apakah ada pendarahan yang mendadak di sekitar vagina. gumpalan besar, cairan berbau busuk, atau peningkatan rasa sakit di daerah panggul. Seharusnya Anda memiliki peningkatan kesehatan yang lebih baik dari minggu-minggu sebelumnya.
Baca juga :  Cara Merawat & Perkembangan Bayi Usia Lima Minggu

***

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar.

Jangan sungkan untuk bagikan jika tulisan ini bermanfaat ya bun.

Sahabatmu,
-Nisa❤️

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *