Perkembangan Bayi Usia Lima Minggu

Cara Merawat & Perkembangan Bayi Usia Lima Minggu

Yang harus Anda ketahui di minggu kelima

  • Buatlah rencana : Jika Anda sudah mulai bekerja di minggu berikutnya buatlah rencana agar masa transisi berjalan dengan mulus.
  • Simpanlah barang yang bersejarah, jika barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi sehingga ingin Anda hibahkan maka Anda ambil dan simpan barang yang menurut Anda bersejarah dan pantas untuk disimpan seumur hidup. 🙂
  • Tetap terjaga kondisi mental Anda dengan baik. Jika malam hari si kecil masih rewel, tenang itu akan berlalu seiring dengannya waktu.
  • Persiapkan untuk tahap kehidupan selanjutnya yang tadinya tahap newborn menjadi infant yang mana tahap ini diharapkan Anda bisa mendapatkan jam tidur yang cukup dari minggu-minggu sebelumnya.

***

Pertumbuhan pada bayi Anda

Berat & Tinggi

Pada bayi usia lima minggu ini ada beberapa indikator KPI (key performance indicator) pertumbuhan dari berat badan dan tinggi badan biasanya. Adal tiga KPI-nya :

  • Pertambahan berat badan sekitar 680 – 900 gram. 
  • Tumbuh tingginya sekitar 25 cm. 
  • Memiliki tambah lingkar kepala sekitar 2 cm dalam sebulan ini

Badan

Di minggu kelima ini si kecil sudah bisa beberapa hal antara lain :

  • Kepala si kecil sudah bisa mendongak sekitar 45 derajat sambil tengkurap. Tapi perlu diingat agar Anda perlu memperhatikan juga kekuatan kepalanya karena masih belum stabil si bayi untuk menahan kepalanya.
  • Sudah bisa megang mainan di tangan si bayi, jika mereka ditawarkan mainan.
Baca juga :  Cara Merawat Bayi Usia Empat Minggu

Otak

  • Berdeguk, seolah-olah si kecil menirukan dan ingin mengikuti kita berbicara.
  • Mengikuti gerakan Anda dari sisi ke sisi lain, sehingga Anda mungkin merasakan ada yang memperhatikan gerak gerik Anda padahal si kecil yang lagi mengikuti pergerakan Anda. 😀
  • Bisa memusatkan konsentrasinya pada sebuah objek dengan waktu yang lama, misal melihat wajah Anda.
  • Gunakan tindakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti lebih banyak bergoyang ketika Anda mendekat atau menangis untuk mendapatkan perhatian Anda.

***

Perawatan  Bayi Anda pada Minggu Kelima

Jika bayi Anda cenderung sangat rewel di malam hari tetapi belum didiagnosis dengan kolik, mereka mungkin mengalami bagian normal dari perkembangan bayi. Satu studi di Paediatrics Child Health menemukan beberapa bayi akan mengalami “iritabilitas malam” dari dua hingga 16 minggu ketika sistem saraf pusat mereka terus berkembang.

Karena sistem saraf pusat masih belajar bagaimana memproses rangsangan secara memadai di lingkungan bayi, bayi Anda mungkin secara harfiah akan kewalahan pada akhir hari.

Anda mungkin merasa perlu untuk sengaja menciptakan lingkungan yang tenang dan tenang di malam hari dengan kebisingan yang dikurangi dan pencahayaan lembut, tanpa banyak rangsangan keras untuk bayi.

Bayi Anda mungkin masih senang dibedong pada usia ini, yang juga dapat membantu menenangkan mereka.

***

Makanan & Gizi

Jika Anda seperti banyak ibu yang bekerja yang menerima cuti hamil selama enam minggu, Anda mungkin berencana untuk kembali bekerja minggu depan.

Bagi ibu yang telah menyusui secara eksklusif hingga saat ini, minggu kelima kehidupan bayi mereka dapat menjadi saat yang tepat untuk mulai melakukan percobaan untuk meminta orang lain menangani menyusui.

Memperkenalkan botol untuk pertama kali dapat menjadi tantangan bagi beberapa bayi, tetapi Anda dapat membuat transisi ini sedikit lebih mudah dengan tips ini :

  • Mintalah orang lain memberi bayi Anda botol untuk pertama kalinya : Rekrut pasangan Anda, anggota keluarga, atau teman untuk membantu mengurangi kebingungan.

    Jika Anda mencoba memberi bayi Anda botol pertama, mereka mungkin menjadi bingung atau frustrasi dengan menjadi dekat dengan Anda dan mencium Anda, tetapi tidak mendapatkan payudara.

  • Hindari waktu tidur siang dan pemberian makan sebelum tidur : Jangan mencoba menunggu sampai bayi Anda kelelahan untuk memasukkan botol; mereka kemungkinan besar akan terlalu rewel atau lelah untuk mengambil botol dengan baik.
  • Jangan menyerah : Jika bayi Anda tidak menerima botol pada awalnya, jangan menyerah! Sering kali perlu beberapa kali percobaan.

Pada usia lima minggu, bayi Anda mungkin juga perlu menyesuaikan jadwal makan mereka.

Untuk bayi yang disusui secara eksklusif, Anda mungkin memperhatikan pemberian ASI yang lebih lama, lebih konsisten, dan pemberian ASI yang lebih sedikit pada hari-hari baru lahir.

Bayi yang diberi susu formula mungkin juga membutuhkan peningkatan jumlah susu formula yang mereka terima.

Biasanya, bayi di bulan ini akan minum sekitar 4 sampai 5 ons susu formula setiap kali menyusui, setiap tiga hingga empat jam di siang hari.

Pada malam hari, bayi Anda bisa lebih lama, antara empat dan enam jam.

Secara keseluruhan, rata-rata bayi akan minum antara 24 dan 32 ons per hari.

***

Kesehatan dan Keamanan Bayi Anda

Suatu saat setelah minggu ke lima, Anda ingin menjadwalkan pemeriksaan bayi anak Anda yang berusia 2 bulan.

Kunjungan ini akan mencakup vaksin batch pertama bayi Anda.

Mereka akan menerima vaksin pneumokokus, DTaP, Hib, dan polio sebagai suntikan dan vaksin rotavirus melalui mulut.

Jika Anda memilih, Anda bisa mulai meneliti mengapa vaksin itu sangat penting.

Bayi Anda juga akan menerima vaksin hepatitis B kedua pada pemeriksaan 2 bulan jika mereka tidak memilikinya pada pemeriksaan 1 bulan.

Mengenai masalah keamanan, Anda harus melanjutkan pemeriksaan bayi di rumah Anda dan pastikan Anda terus memantau potensi bahaya untuk bayi Anda, termasuk :

  1. Memeriksa detektor asap dan detektor karbon monoksida. Sekalipun Anda telah menginstal keduanya di rumah, sebaiknya Anda memeriksanya secara berkala untuk memastikan keduanya masih berfungsi dan tidak perlu baterai diganti.
  2. Menghapus semua kabel jendela di rumah Anda. Meskipun masih dini, sekaranglah saatnya untuk memastikan Anda telah menghilangkan semua kabel jendela di rumah Anda. Mayoritas cedera kabel jendela terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun dan terjadi ketika kabel jendela dekat furnitur seperti buaian, meja ganti, tempat tidur, atau sofa.
  3. Menginstal sistem monitor video yang merekam suhu. Jika bayi Anda berada di tingkat yang berbeda di rumah Anda, mungkin akan membantu untuk memilih monitor bayi yang juga dapat mendeteksi suhu sehingga Anda dapat memastikan mereka tidak pernah terlalu panas atau terlalu dingin.
  4. Pastikan tidak ada yang merokok di sekitar bayi Anda atau di rumah. Simpan si kecil di tempat duduk menghadap ke belakang sampai paling tidak berusia 2 tahun, atau sesuai dengan pedoman keselamatan kursi mobil Anda.
  5. Mencari perhatian medis untuk demam lebih dari 100,4 derajat. Anda dapat mengukur suhu bayi melalui kulit dengan termometer dahi atau rektal untuk pembacaan yang paling akurat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *