cara merawat bayi baru lahir usia tiga minggu

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Usia Tiga Minggu

Artikel lanjutan dari –> Cara Merawat Baru Lahir Usia 2 Minggu

Tentunya di usia bayi tiga minggu ini harus ada beberapa progress yang patut Anda ikuti.

Apa saja progressnya?

Yang harus Anda Ketahui

  • Ambillah sejenak istirahat untuk diri Anda 
  • Terus jaga diri Anda sendiri baik fisik maupun mental 
  • Perhatikan bayi Anda untuk terpenuhi vitamin D

Pada usia tiga minggu Anda membutuhkan istirahat sejenak agar fisik Anda tidak terlalu kecapekan karena kurangnya tidak atau capek menyusui bayi Anda, karena bayi di usia tiga minggu akan lebih aktif lagi gerakannya.

Gerakan bayi Anda akan lebih dinamis, dan banyak rewel entah karena lapar, tidak nyamannya popok, atau bosan dengan suasana di kamar.

Sehingga, Anda memerlukan pasangan atau mungkin suster Anda untuk membantu merawat bayi Anda.

Terus jaga diri Anda baik fisik dan maupun mental setelah lahiran. Cukupi diri Anda dengan memberi asupan-asupan makanan, banyak minum air putih dan vitamin yang membantu pemulihan tubuh Anda setelah lahiran.

Jangan lupa konsultasikan pada dokter kesayangan Anda jika mengalami stress yang berlebihan ya. 🙂

Di usia tiga minggu ini juga Anda perlu memenuhi vitamin D pada bayi Anda. Jika bayi Anda menyusui ASI, konsultasikan pada dokter Anda untuk mendapatkan rujukan obat vitamin D-nya karena di ASI tidak terdapat vitamin D. Sedangkan bayi yang diberikan susu formula, akan menerima kadar vitamin D yang terpenuhi oleh dari susu formulanya.

***

Pertumbuhan Bayi Anda

Berat & Tinggi Badan

Di minggu ketiga ini tumbuh kembang berat badan bayi Anda akan signifikan naiknya itu sekitar 20-30 gram per hari.

Baca juga :  Cara Merawat Bayi Usia Satu Minggu

Pada usia 2,5 minggu ini, rata-rata pertumbuhan lingkar kepala pada bayi laki-laki biasanya 39,21 cm, sedangkan untuk rata-rata lingkar kepala pada bayi perempuan 37,97 cm. Sumber growth chart.

Pikiran & Tubuh

Pada minggu ketiga, bayi Anda akan lebih kuat dan juga berubah setiap harinya. Beberapa perubahannya, bayi Anda bisa mengangkat kepalanya dalam beberapa detik dan juga bisa memalingkan kepalanya dari sisi ke sisi lainnya. Terutama mereka mengikuti Anda jika menjauhinya atau ada di sekitar ruangannya.

Si kecil akan senang melihat Anda juga uga sudah pandai mencermati ekspresi dari wajah Anda atau mendengarkan obrolan Anda walaupun mereka belum mengerti. Meskipun mereka belum mengerti kata-kata Anda, tapi bagus untuk perkembangan bahasa si kecil dilatih sejak dini.

Saat si kecil mengalami pertumbuhan, akan mengalami ”rasa sakit saat tumbuh” indikator yang mudah dipahami dengan lebih banyak rengekan atau tangisan dari minggu sebelumnya, terutama di malam hari.

Beberapa bayi juga mungkin mengalami kolik pada minggu ini. Berikut beberapa hal yang bisa membantu untuk mengurangi “rasa sakit” yang dialami oleh si kecil :

  • Perkenalkan rutinitas malam yang menenangkan. Jika bayi Anda mengandung gas atau istilah lapangannya masuk angin, berikan teknik pijat bayi yang benar agar mengurangi gasnya.
  • Perhatikan pola makan Anda. Secara tidak langsung, makanan yang Anda makan akan berefek pada  perut bayi Anda. Jika si kecil rewel setelah menyusu, lebih banyak meludah, atau mengeluarkan gas lebih dari biasanya. Contoh makanannya seperti coklat, yang mengandung kafein, buah berbiji seperti raspberry. dan mungkin makanan pedas lainnya.
  • Letakkan bayi Anda di tempat yang aman. Jika bayi Anda menangis terus, sesekali Anda hanya butuh istirahat. Jika sudah sangat rungsing nih, Anda letakkan bayi Anda atau minta bantuan ke pasangan Anda atau suster yang menjaga agar membantu menenangkan si kecil. Anda hanya perlu istirahat dari rutinitas dan berjalan menghirup udara di luar ruangan. 🙂
Baca juga :  Cara Merawat & Perkembangan Bayi Usia Lima Minggu

Perlu diperhatikan

Pada usia tiga minggu ini, bayi Anda akan mengalami kolik tandanya dengan seringnya gumoh atau berlebihan, muntah, tidak ada peningkatan pada berat badannya, terdapat darah pada tinjanya, menolak untuk makan, segera hubungi dokter kesayangan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *