cara merawat bayi baru lahir USIA SATU MINGGU

Cara Merawat Bayi Usia Satu Minggu

Hay selamat telah lahirnya buah hati Anda yang pertama!

Tulisan ini biasanya dicari pada saat Anda baru mengalami pertama kalinya memiliki buah hati, jadi saya ucapkan selamat menikmati menjadi ibu ya.

Yang Harus Anda Ketahui

  • Lakukan satu langkah pada satu waktu. Anda memiliki waktu mengasuh anak Anda seumur hidup, sehingga Anda tidak bisa mempelajarinya dalam satu waktu. Belajarlah sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak berlebih informasi yang Anda dapatkan. Motto yang selalu digunakan pada saat belajar learning by doing.
  • Fokus pada hal yang penting. Hal yang paling penting setelah melahirkan adalah Anda dan bayi Anda butuh istirahat dan recovery karena Anda lahiran saja sudah menghabiskan waktu yang sangat panjang.
  • Berikan asupan makanan yang terbaik untuk tubuh Anda. Proses yang memakan waktu panjang, belum lagi mental yang mungkin bisa membuat Anda down. Entah karena proses lahiran yang normal atau operasi itu berbeda juga proses treatment setelah melahirkannya, sehingga Anda perlu asupan makanan yang baik untuk tubuh Anda recovery.

Di minggu pertama ini Anda mengalami beberapa penyesuaian yang belum pernah terjadi pada Anda dan pasangan Anda sebelumnya.

Sehingga, saya sarankan sebisa mungkin Anda istirahat yang cukup jika bayi sedang tidur, sebisa mungkin Anda ikut tidur juga karena waktu tidur Anda akan berubah 180 derajad.

Misal bayi baru lahir usia 1 minggu itu butuh waktu tidur 16-18 jam per hari, tapi bayi belum tahu waktu pagi, siang dan malam sehingga waktu tidur Anda pun mengikuti jam tidur bayi.

Kasus yang pernah terjadi pada saya biasanya tidur jam 18.00 bangunnya bisa jam 00.00 dan baru bisa tidur lagi jam 04.00 subuh.

Jadi mau gak mau Anda harus menemani bayi.

Apakah Anda siap stress dan mungkin mengalami baby blues? 😀
Kuncinya hanya sabar dan nikmati waktu Anda mengasuh bayi Anda.

Baca juga :  Cara Merawat & Perkembangan Bayi Usia Lima Minggu

***

Pertumbuhan Bayi Anda

Saat baru lahir, bayi diklasifikasikan dalam tiga klasifikasi berdasarkan berat badan dan usia kehamilan Anda :

tips merawat bayi baru lahir
Sumber dari Wikipedia
  1. SGA : Small for Gestational Age. Kecil untuk usia kehamilan.
  2. AGA : Appropriate for Gestational Age. Sesuai dengan usia kehamilannya.
  3. LGA : Large for Gestational Age. Besar untuk usia kehamilan.

Untuk usia normal kehamilan itu range waktunya pada minggu ke-38 sampai dengan 42 minggu.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), mayoritas bayi yang lahir cukup bulan itu beratnya diantara 2.3 – 3.6 Kg. Untuk bayi yang kecil itu beratnya dibawah 2.3 Kg, sedangkan untuk bayi yang besar itu beratnya diatas 3.6 Kg.

Ingatlah, berat badan dan panjang bayi Anda pada saat lahir bukan cerminan akurat bagaimana mereka mungkin telah menjadi dewasanya.

Sehingga, Anda tak perlu khawatir berlebihan pada saat awal lahir. Selalu positif thinking, bawa happy, dan terus belajar.

Yang terpenting penuhi selalu asupan nutrisi penting bayi Anda agar selalu ada progress pertumbuhannya hari demi hari.

***

Perkembangan yang Dipantau

Pada usia 1 minggu, bayi Anda sedang mempelajari dan memperbaiki bagaimana cara bertahan hidup di luar rahim Anda.

Apa prioritas utamanya?
Menyusui, mencerna, mengatur sistem kekebalannya, dan mengatur sitem pencernaannya.

Saat ini, bayi Anda bergantung pada indera penciuman dan indera peraba. Sehingga, perbanyaklah Anda memberikan kontak kulit ke kulit bayi Anda dan lagi bayi Anda tidak langsung serta merta bisa langsung nyedot ASI Anda karena bayi pun butuh penyesuaian dan belajar juga.

Kuncinya gak boleh stress dengan keadaan tersebut, jika stress ASI anda tidak keluar malah bayi Anda yang kelaparan. 🙂

***

Pada minggu pertama bayi Anda, beberapa yang patut dipantau dan diharapkan  dari bayi Anda sebagai berikut :

  • Tersenyum secara refleks dan spontan.
  • Memiliki pergerakan yang dinamis kaki dan tangan dari kedua sisi tubuhnya, jika bayi satu minggu Anda tidak mengalami pergerakan yang seimbang atau dominan gerakannya dibandingkan dengan yang lain bisa jadi ada bagian yang mengalami cedera.
  • Menggerakkan kepalanya sebentar, ingat bayi yang baru saja lahir belum memiliki kontrol yang baik untuk mengontrol kepalanya sehingga membutuhkan bantuan Anda setiap waktu.
Baca juga :  Cara Merawat Bayi Usia Empat Minggu

Bayi usia satu minggu memang membutuhkan tidur sekitar 16-18 jam/harinya, jiika terlalu banyak tidur atau tidak bangun untuk menyusu dan tampaknya lesu segera hubungi dokter kesayangan untuk konsultasi.

***

Beberapa hal yang Anda butuhkan pada usia satu minggu ini

Untuk Ibu

Anda akan membutuhkan beberapa hal untuk Anda sendiri, bayi Anda dan juga untuk menunjang kegiatan sehari-hari Anda.

  1. Bouncer atau beberapa tipe baby seat yang sesuai dengan usianya.
  2. Monitor bayi. Untuk memantau apa yang terjadi jika Anda sedang diluar ruangan anak Anda.
  3. Ayunan bayi. Bouncer dan ayunan tentunya berbeda, ayunan jika Anda ingin menenangkan si kecil dan memberikan pemandangan baru.
  4. Bantal menyusui. Agar Anda dan bayi Anda nyaman jika sedang menyusui.
  5. Pakaian ibu menyusui. Jangan lupa untuk membeli pakaian untuk Anda sendiri agar nyaman menyusui
  6. Bra khusus menyusui. Pengalaman sudah memiliki anak pertama ini saya ingin menginvestasikan selanjutnya untuk membeli bra khusus menyusui karena alasan kenyamanan aja sih beli yang khusus busui. 😀

Untuk bayi Anda usia satu minggu 

Di usianya satu minggu ini yang Anda perlukan adalah :

  1. Baju dan celana yang mudah menyerap keringat. Pertumbuhan bayi dari minggu pertama ke satu bulan itu cepat jadi saran saya belilah baju dan celana up 1 satu bulan. Agar bisa digunakan bulan berikutnya.
  2. Diaper atau popok yang mudah dibersihkan dan diganti. Karena intensitas membuang air kecil dan besarnya sering sehingga membutuhkan popok yang mudah diganti dan dibersihkan.
  3. Sarung tangan dan kaos kaki. Selain melindungi dari cuaca yang dingin, tujuannya juga agar si kecil tidak menyakiti dirinya karena kukunya yang sudah mulai tumbuh.
  4. Penghangat kepala. Ini sih opsional, tapi sebaiknya Anda siapkan juga jika si kecil ingin dibawa keluar ruangan.
  5. Potong kuku. Karena sudah mulai tumbuh kuku kaki dan tangannya, sehingga Anda harus perhatikan dengan baik kukunya agar tidak menyakiti tubuh si kecil ya.

Oh iya bedong saat ini sepertinya sudah dilarang, sehingga Anda tidak perlu bedong si kecil yang membatasi geraknya. Jadi, seperlunya saja beli kain untuk bedongnya.

Baca juga :  Cara Merawat Bayi Usia Dua Minggu

Keperluannya untuk mandi juga ada beberapa yang perlu Anda siapkan nih. Antara lain :

  1. Bak mandi bayi yang ada cetakan untuk pantatnya itu. Sehingga, Anda nyaman untuk mandiin si kecil.
  2. Lap atau sponge yang lembut untuk membersihkan badannya.
  3. Sabun bayi.
  4. Shampo bayi.
  5. Minyak penghangat badannya.
  6. Handuk bayi juga perlu anda siapin yang khusus karena beda kelembutannya.

Jadwalkan jam mandinya jangan kesiangan, paling tidak range jam 06.00-07.00 pagi untuk segera mandi.

***

Makanan dan Nutrisi

Pada saat 24 jam hari pertama setelah melakukan operasi kelahiran anak saya, saya memberikan susu formula yang disediakan oleh pihak RS, karena keadaan setelah operasi yang tidak memungkinkan.

Karena operasi yang saya lakukan tidak hanya operasi melahirkan si kecil tapi operasi pengangkatan miom juga. Miomnya tidak terlihat saat sebelum lahiran.

Sehingga, badan saya drop karena bius setelah operasi badan saya menggigil dan belum begitu sadar.

Tapi setelah 24 jam berlalu, saya paksa untuk anak saya menyusu dari ASI saya percobaan pertama gagal karena bekas operasi yang masih memberikan lemas pada saya sehingga masih belum maksimal.

Saya coba terus untuk lebih rileks, lebih tenang, dan tidak stress.

Disinilah peran suami untuk support seorang istri agar selalu hepi selama menyusui si kecil. Karena dengan hepi si ASI malah lancar jaya. 🙂

Di setiap keluarga berbeda-beda menganut menyusui ini, bukan karena tidak ada waktu mungkin karena ada kerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, atau tidak nyaman dengan menyusui, dan hal yang lainnya.

Anda cukup ikuti apa yang menurut Anda dan suami Anda nyaman, yang paling penting support keluarga besar Anda bagaimana dengan keputusan yang Anda.

Abaikan cerita-cerita miring dari tetangga yang julid. 😀

Keep strong!

***

Mohon maaf jika artikel ini banyak kekurangannya dalam hal cara merawat bayi yang baru lahir pada usia minggu pertamanya.

Akan saya lanjutkan tulisannya cara merawat bayi yang baru lahir pada usia dua minggu.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolomentar.

Sahabatmu,
-Nisa❤️

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *